facebookersKeberadaan jejaringan facebook semakin hari semakin berkembangan dan nyaris telah menjadi kebutuhan masyarakat dalam membangun dan menjalin komunikasi-komunikasi persahabatan, baik dengan sahabat, kolega bahkan sampai pada komunikasi politik dan bisnis. diantara user kemudian secara bersama-sama membentuk kelompok-kelompok yang memiliki kebersamaan baik dalam minat, aktivitas, pandangan politik dan lain-lain sebagainya. bukan hanya itu, para facebookers pun dapat menyalurkan aspirasi dan memberikan pandangan serta dukungan terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi, lihat saja adanya grup yang mendukung bibit-chandra, mendukung prita dan grup-grup yang memberikan dukungan terhadap permasalahan lingkungan, sosial dan politik.

facebookers

peran facebookers dalam menyikapi dan memandang fenomena yang terjadi di negara ini jugatidak bisa dianggap remeh. gejolak yang terjadi didunia maya dapat merembah ke alam nyata, dan itu sudah terbukti dengan turunnya para facebookers kejalanan saat mewujudkan bentuk dukungan terhadap kasus kriminal KPK.

Sebahagian facebookers juga ada yang berinisiatif membentuk grup komunitas kedaerahan, bisa dikatakan dari propinsi paling barat hingga propinsi paling timur telah berdiri grup komunitas daerah. menyikapi banyaknya grup kedaerahan selanjutnya beberapa facebookers membentuk grup komunitas yang bersifat nasional, salah satunya INDONESIAN FACEBOOKERS COMMUNITY atau disingkat dengan IFC. Grup ini didirikan pada tanggal 23 Oktober 2009 dan telah beranggotakan sekitar 8.250 user.